Langka, Produsen Pindang Juwana, Impor Ikan Dari Tiongkok

ilustrasi ikan pindang by iwakpindangprigiblogspot.com
Sekitarpati.com - Juwana, Perubahan musim yang tidak menentu sejak dua bulan terakhir (Desember 2014 - Januari 2015) membuat para nelayan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah tidak bisa melaut. Hal ini berimbas pada langkanya pasokan ikan di kota tersebut. Bahkan para produsen ikan jenis pindang harus di impor dari negara tirai bambu, Tiongkok.

Jenis ikan untuk produksi pindang yang langka yaitu jenis salem dan layang. Untuk memenuhi sulitnya pasokan dari wilayah Pati, para produsen pindang harus mencari dari berbagai daerah seperti Jakarta dan untuk ikan salem berukuran sedang harus mengimpor dari Tiongkok.

Para nelayan Juwana banyak yang tidak melaut karena cuaca yang cenderung buruk serta gelombang tinggi. Hanya kapal - kapal berukuran besar yang mampu berlayar.

Menurut penuturan salah satu Produsen Pindang Juwana, Bantin (32) harga ikan untuk dibuat ikan pindang kurang dari Rp20.000 per paket, kini bisa mencapai Rp30.000 per paket yang berisi antara 48 ekor ikan hingga 80 ekor ikan pindang. Sementara harga ikan salem yang dibuat ikan pindang, kata dia, saat ini mencapai Rp50.000 per paket yang berisi 19 ekor. Seperti yang sekitarpati kutip dari laman antaranews.com.

Para produsen enggan menaikkan harga karena takut ikan akan tidak laku nantinya. (ys/sekitarpati.com)

0 Response to "Langka, Produsen Pindang Juwana, Impor Ikan Dari Tiongkok"

Post a Comment